Diposting Pada :

Inilah Fakta dan Asal usul Sejarah Tanaman Bunga Matahari

Visiuniversal—Siapa sich yang tidak mengenal tanaman bunga Matahari? Bunga matahari yang memiliki kelopak berwarna kuning terang ini adalah tanaman serbaguna. Itu tidak hanya digunakan untuk dekorasi atau ornamen tetapi juga digunakan untuk tujuan pengobatan. 

Fakta dan Asal usul Sejarah Tanaman Bunga Matahari

Bunga matahari atau dalam bahasa Latihan dikenal Helianthus annuus L adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap atau condong miring ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Prancis menyebutnya tournesol atau “pengelana Matahari”.

Bunga matahari dikenal memiliki manfaat kesehatan seperti membantu meningkatkan kadar kolesterol, mengontrol gula darah, meningkatkan kualitas tidur, dan banyak lagi. 

Manfaat dari bunga cantik berwarna kuning ini bahkan sudah dikenal luas oleh masyarakat dan penduduk dibeberapa benua dunia sejak sebelum tahun masehi. 

Sejarah 

Berdasarkan sejarah asal muasalnya bunga matahari diyakini berasal dari Amerika pada 1.000 SM. Sejak itu, bunga matahari dibudidayakan oleh banyak orang dan menjadi sumber makanan yang baik. 

Tumbuhan ini telah dibudidayakan oleh orang-orang Indian Amerika Utara sejak ribuan tahun lalu. Selanjutnya tersebar ke Amerika Selatan dan menjadi salah satu sumber pangan bagi warga Inka. Setelah penaklukan oleh orang Eropa, bunga Matahari diperkenalkan ke Eropa dan berbagai penjuru dunia lainnya pada abad ke-16. Semenjak abad ke-17 bijinya digunakan dalam campuran roti atau diolah sebagai pengganti kopi serta cokelat. Penggunaannya sebagai sumber minyak mulai dirintis pada abad ke-19.

Pada jaman dahulu kala telah digunakan sebagai ornamen dan dekorasi di taman karena bunganya yang berwarna cerah. 

Suku Inca Kuno di Peru memperlakukan tanaman ini sebagai tanaman suci karena mewakili Dewa Matahari. Kemudian pada akhir abad ke-16, bunga matahari pertama kali diperkenalkan ke Eropa oleh beberapa penjelajah Spanyol dan sejak saat itu, penanamannya mulai menyebar ke seluruh dunia. 

sejarah asal muasalnya bunga matahari


Saat ini biji bunga matahari digunakan sebagai sumber nutrisi pangan dan pembudidayaannya semakin meluas di seluruh dunia khususnya di negara tropis seperti Peru, Argentina, Meksiko, dan masih banyak lagi.  

Demikian halnya tentang bunga matahari terus menjadi bunga yang populer karena warnanya yang cerah dan menghadirkan keceriaan bagi yang menikmatinya. 

Bijinya juga merupakan sumber minyak yang bisa digunakan untuk memasak. Jika kamu ingin menanam bunga matahari sendiri, kamu dapat membeli bijinya dari toko bunga online. 

Arti bunga matahari 

Bunga matahari melambangkan banyak arti, tergantung dari budaya yang berlaku di suatu daerah. Di China, misalnya, bunga matahari melambangkan keberuntungan sekaligus vitalitas. 

Sedangkan di Amerika, bunga matahari melambangkan panen yang baik dan keberuntungan. Tapi biasanya dilambangkan sebagai harapan, kebahagiaan, energi, keindahan, dan kegembiraan. 

Dalam kepercayaan Kristen Kuno, bunga matahari diyakini sebagai cerminan kasih Tuhan yang besar kepada umatnya. Ini juga melambangkan umur panjang karena Bunga Matahari dapat menahan panasnya matahari. 

Dari berbagai arti, bunga matahari selalu melambangkan kebaikan dan keindahan, karenanya, bunga ini juga cocok jika dikirimkan sebagai hadiah. 

Fakta tentang bunga matahari


Fakta tentang bunga matahari 

Berikut beberapa fakta tentang bunga matahari yang banyak dipercaya orang diberbagai belahan bumi ini :

  • Bunga matahari memiliki 70 spesies. Mereka semua termasuk dalam genus Helianthus. Beberapa varietas tumbuh setinggi hampir 4 meter. 
  • Bunga matahari memiliki dua kegunaan komersial, yaitu kembang gula dan minyak. Biji bunga matahari kembang gula memiliki biji dengan sedikit minyak, sedangkan biji bunga matahari minyak memiliki biji kaya minyak dan kaya asam lemak tak jenuh itulah sebabnya ia dikenal untuk memasak dan produksi margarin. 
  • Minyak bunga matahari kaya akan asam linoleat (C18:2), suatu asam lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan manusia.
  • Vincent Van Gogh, pelukis terkenal asal Belanda, bahkan pernah menampilkan bunga matahari pada lukisannya.   
  • Benua asli bunga matahari adalah Amerika Utara. Produksinya mencapai puncaknya selama tahun 1970-an. Mereka bahkan memanfaatkan bijinya sebagai sumber makanan dan obat-obatan dengan cara mengekstrak sarinya dari batangnya. 
  • Dalam mitologi Yunani, mereka memperlakukan bunga matahari sebagai peri terkutuk.

Demikian fakta dan Asal usul Sejarah Tanaman Bunga Matahari, semoga bermanfaat, terimakasih, semoga sukses selalu.